Eksis di Sosmed



Anak muda mana sih yang nggak punya sosial media? mulai dari jaman Friendster sampai Path, orang tua aja udah banyak yang bikin akun sosial media, nggak tau niatnya buat bisnis, eksis atau sekedar narsis. adanya sosial media emang bisa bantuin nyambung hubungan, jadi bisa memperkecil jarak secara nggak nyata. Nah, dengan adanya sosial media ini orang bisa ketemu sama sodara jauh yang udah lama ilang gara-gara waktu bayi ketuker sama bayi lain, bisa juga jual barang-barang bekas kayak popok bayi sampe pembalut bebas lembab, bahkan bisa juga dipakai buat jual diri.

Faktanya nih, sosial media itu kebanyakan cuman buat nambah gengsi, dimana orang bisa ngerasa bangga saat temennya banyak, followersnya banyak dan banyak orang yang ngasi jempol palsu. Saking pengennya punya followers banyak, nggak dikit remaja yang rela merogoh kantong hasil ngemis ke orang tua buat beli followers via pulsa, bahkan ada yang rela beli akun orang yang followersnya banyak terus abis dibeli diganti deh itu usernamenya pake usernamenya dia. Nah, adanya orang-orang kayak gini ini jadi muncul pikiran bahwa akun yang banyak followersnya atau fan page yang banyak penyukanya bisa dijual dengan harga mahal... muncul deh akal buat bikin fake account, biasanya nih pake foto cewek-cewek seksi menggoda iman. kalo udah banyak penggemar sama pengikut, mateng deh tuh 'barang dagangan' dan enaknya BISA DIJUAL.. duiit....

Tapi coba lah kita menyisihkan sedikit waktu buat liatin komentar di beberapa foto yang dia upload, buanyak banget orang yang nggak bisa bedain foto-foto di akun itu adalah orang yang beda, masih juga mereka sempet ninggalin komentar seperti "hay cantiik, boleh kenalan?" ada juga yang "bayangan semu mirip bulus, paha kamu mulus" hingga om-om yang profile picturenya nggak pake baju komentar "cantiik, ntar malem sms oom ya, nomernya udah di DM.. om tunggu yaa, nggak sakit kok". segitunya orang berkecimpung dalam sosial media sampai-sampai asli atau palsu udah nggak tau.

"Sis, cek IG kita ya, banyak kacamata murah" komentar itu juga nggak jarang keliatan waktu ada akun IG ramai pengunjung, ya emang sih nggak ada larangan buat promosi, tapi ya nggak separah itu, masak tiap akun disusupi promosi? apa nggak khawatir dicatat malaikat sebagai hal yang mengganggu? nah kalo udah? dosa kan? hayoo... apalagi kalo iklannya produk-produk buat orang dewasa, terus yang ngebuka anak-anak polos dibawah umur, nah, terus tuh anak ngerumpi deh disekolah sama temen-temennya soal tuh produk, eh beberapa saat gurunya nguping pengen tau apa yang diomongin sama tuh anak ingusan. Setelah gurunya tau kalo yang diomongin adalah produk dewasa, tuh guru langsung buru-buru masuk kelas sama teriak 

"ANAK-ANAK!!! APA YANG KALIAN LIHAT!!!" nah, otomatis kaget tuh anak-anak  "HAPE SIAPA ITU?? BERIKAN PADA IBU!!"

"Ha... haa.. hapenya Susi buu.." seorang anak yang ketakutan, pasrah bilang apa adanya sambil nyerahin hape yang dipegang.

"SUSI!! KAMU TAHU BARANG APA YANG ADA DI FOTO INI??"

"Nggg... Tau buu..maaf"

"KE KANTOR IBU SEKARANG!!" nah, ngekor deh tuh anak yang namanya Susi dibelakang Bu Guru. sampai masuk kantor priibadi gurunya.

"Susi. kamu tahu itu barang apa?"

"Ta.. ta.... tahu bu..."

"Benar kamu tahu?" gurunya memandang tajam

"Ii.... iya buu" susi ngeluarin keringat dingin

"Ya sudah kalau begitu, tolong kasi tau Ibu cara belinya gimana? Ibu udah nyari barang itu kemana-mana nggak pernah ketemu, dan Ibu belum bisa beli online. tolong ya Susi belikan buat Ibu..."

"!@#$%^&*()" Susi bengong... 

Nah, kebayang kan kalo iklan produk dewasa dibuka sama anak kecil? efeknya besar, yaitu orang dewasa minta dibeliin tuh barang sama anak kecil, kasian kan mereka? udah lemah tak berdaya masih disuruh beli-beli, apa nggak kempes tuh kantong? kalau kantongnya kempes, apa yang mereka bisa banggain coba? seluruh tubuh rata semua.. Kasian kan?

Balik ngomongin soal foto, ada anak-anak alay atau bisa disebut "4LAy" yang suka upload foto hasil dari 360, dan wuih kemiripan dari wajah aslinya mendekati 0%, dari gendut jadi kurus, item jadi putih hingga cowok jadi cewek udah campur aduk. biasanya mereka juga pas abis upload foto, langsung ada yang komentar "Cntig y qmuh..." dan langsung dibalas "mkaSih ea :)..". Tiap kali ada orang komentar muji dikit, langsung deh tuh anak senengnya kayak cewek nggak jadi telat dateng bulan, dan itu jadi stimulus buat upload fake face photo lagi. omegaatt...

Emang itu akun ya hak masing-masing, mau diapain juga terserah, mau pasang foto palsu, foto jorok, foto kucing piaraan tetangga atau nggak ada fotonya juga nggak masalah selama nggak ada yang dirugiin. Intinya adanya sosial media itu buat mempermudah komunikasi antar sesama makhluk planet ini, bukan saling ngejatuhin.

8 comments: