Seberapa Penting Merendah?


“Bro, kamu sekarang jadi pembalap ya?”

“Ahh,, enggak kok, cuman supir aja”

“Nyupir apa?”

“Nyupir mobil balap”

Eneg nggak sih kalo ada orang diajak ngomong serius malah sok merendah? Padahal biasanya di hatinya tetep aja bilang “Huahahaha iya, gue pembalap, mau minta tandatangan?”. Tujuan awalnya sih biar nggak dianggep sombong, tapi berikutnya langsung kebawa sama bisikan setan lewat telepon kaleng yang disambung pake tali nylon 3 meter, jadi deh keluar angkuh yang ditutupin sama senyum genit kegatelan.

Ya nggak nyalahin sih orang merendah, tapi jangan kebangetan juga. Beneran, kadang orang lain bisa ngerasa jijik, bahkan sampai eneg. Gimana enggak?
Ada orang bawa kamera lengkap sama lensa macro, diatasnya pake external flash (tapi mati), sekalian di punggungnya ada tripod karbon diiket tali rafia biar nggak ketutup tas terus orang-orang tau kalo itu tripod mahal.

“Permisi mbak, maaf saya mau ambil gambar jam tangan mbak”

“Oh iya mas, silahkan...” sambil kedip-kedip kegatelan kode kalo minta difoto juga

“Makasih mbak”

“Masnya fotografer?”

“Ehm,,, bukan sih mbak, saya cuman tukang foto keliling”

“Ah, serius mas?” nada genit nggak percaya

“Iya mbak... masak wajah saya kliat bo’ong?”

“Hmmm. Nggak tau deh”

“Emangnya kenapa mbak?”

“Nggak papa kok mas, kalo mau foto gitu biasanya tarifnya berapa ya mas?”

“Wah, tergantung mbak kalo itu”

“Apanya yang nggantung mas?”

“Ha?”

“Eh, tergantung apanya mas?”

“Tergantung mau indoor apa outdoornya mbak”

“Kalo indoor mas?”

“Kalo indoor ya mbak, kemaren aku abis motret di studioku itu aku kasi tarif murah kok mbak, tiap jepret aku kasih harga 1 juta, itu belum termasuk wardrobe sama make up loh mbak, nah belum lagi kalo akunya ngajak asisten, perlu juga dong dikasi tips? Tapi ntar dapet minum kok mbak, aku kasi air galon isi ulang yang 3000an itu, tapi udah cukup dong pastinya? Masak segalon mau diabisin? Tapi harga segitu murah kok mbak, cuman emang sedikit keliatan agak tinggi, tapi normal dong buat orang yang mau foto? Kalo nggak punya uang ya nggak usah foto, bener nggak mbak?”

“Eeenggg..... Hehe...”

Beneran sialan kan? Sok-sok’an merendah, padahal ujung-ujungnya malah lebih parah, udah sombongnya dapet, nggak realistis yang berarti boong, dobel deh dosanya. Bukannya dukung orang buat sombong, tapi dukung orang buat ngomong yang nyata. Kalo bisanya 3 ya udahlah bilang 3 jangan 2.1432 atau 3.54, maksudnya kalo bisa ya bilang bisa kalo enggak ya enggak. Masak seorang dokter bilang kalo dirinya tukang sapu? Nggak pantes juga kalo anak SD ngakunya dosen....

Nggak ada ruginya buat jujur, kalo skill kita segitu ya bilang aja segitu, kalo hebat ya bilang aja hebat selama itu nyata dan tetep usahain buat nggak sombong. Berat? Emang... kalo nahan kesombongan itu mudah, bakalan nggak ada orang sombong.

Percuma merendah kalo dalam hati masih pengen nunjukin kehebatannya, percuma meninggi kalo nggak punya skill, ambil tengahnya, tunjukin apa yang beneran dikuasai saat dibutuhkan, dan itu akan bener-bener ningkatin harga diri dan derajat kita. Untung juga kan kalo ada orang yang butuh skill kita dan kita bilang secara jujur, pas saat dia butuh dan dia puas sama skill kita, bisa dihargai mahal loh.

Kalo emang dokter THT jangan bilang tukang sedot ingus, kalo emang baby sitter jangan bilang tukang cebokin anak orang. Tunjukin skill nggak papa selama itu bermanfaat, nutupin pun nggak ada yang larang selama lebih bermanfaat. Yang pasti kembangin diri dan tau posisi, posisi saat dimana kita harus mengungguli dan saat dimana kita harus menutupi.

7 comments:

  1. sip2 ber tolak belakang dengan sambel. hahahahaha ""masak pesulap naik sepeda motor"" hahahaah

    ReplyDelete
  2. Cuman terkadang niatnya jujur malah di kira sombong, parahnya lagi malah banyak yg iri sama kita sampe2 bilang ke temen2 lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha itulah hidup... jujur pun masih ada yang komen....

      Delete