Kenapa Harus Branded?



Uang jutaan rupiah mungkin nggak kerasa buat beberapa orang kalau dipakai beli barang yang disuka, entah karena fungsi, desain, kekuatan sampai hanya karena gengsi. Tapi beberapa orang yang lain pastinya juga mikir lain, ada yang mikir buat apa ngeluarin duit banyak buat barang branded kalau bisa beli barang kw super dengan harga super murah, ada yang mikir mendingan buat beli makan daripada buat gituan. Persepsi manusia jelas beda-beda buat nilai barang branded. Tapi sebenernya penting nggak sih barang branded?

Brand merupakan identitas, saat identitas itu dikenal baik sama orang, ya orang akan mudah percaya. Misalnya nih, Dony temennya Sony ngeluarin produk TV tembus pandang tipe a, nah kualitas TV itu bagus, buat selanjutnya saat Dony ngeluarin TV tembus pandang tipe b kemungkinan akan gampang diterima orang.

Ada lagi orang yang ngomong “buat apa sih beli kacamata RayBan? Beli pinggir jalan aja 15ribu udah dapet!”. Halooo, kacamata harga jutaan dibandingin yang belasan ribu, jelas lah kualitas udah beda, nggak ada yang ngelarang buat pake kacamata murah, tapi please jangan disamain, kualitas jelas udah beda. Kalau ada orang ngomong kayak gitu, ajak aja beli 1 menu fried chicken pinggir jalan yang ada tulisannya “KENTAKI” dan digoreng pakai minyak yang udah dipakai selama 3 minggu tanpa diganti, nah abis itu minta bungkus, terus ajakin masuk McDonald’s yang biasa disebut ‘mekdi’, pesen satu porsi aja ayam sama dua porsi nasi, terus tuh orang tadi ajak makan bareng tapi suruh aja dia makan ayam yang dari ‘kentaki’ pinggir jalan tadi, pasti ngerasain bedanya. Bener sama-sama ayam, bener sama-sama pakai tepung, bener sama-sama dimakan, tapi taste JELAS BEDA. Ya kayak gitu lah barang branded, nggak ada salahnya sesekali beli ‘kentaki’ nggak ada salahnya juga beli di ‘mekdi’ yang jelas kita juga harus ngerti kondisi kita kayak gimana dan apa yang kita butuhkan.

Ada spesies lain yang milih beri barang yang mirip barang branded asli, miripnya hampir 90%, tapi kadang namanya agak melenceng sedikit, kayak “PANASONIC” jadi “PANASONO”, “SAMSUNG” jadi “SAMSUL”, “TOSHIBA” jadi “TOSHIBRA” dan lain sebagainya, dan parahnya bentuknya dimirip-miripin beneran, jadi kayak anak kembar yang beda nama, beda isi hingga beda orang tua. Nah loh, itu gimana jadinya? Nggak tau lah apa yang mereka tangkep, tapi yang jelas itu berbeda. Katakanlah ada orang yang pengen beli pakaian dalam dari Victoria’s Secret, nah gara-gara harganya cukup tinggi, dia beli deh yang super copynya Victoria’s Secret, yaitu Inem’s Secret. Kita tau lah, sebuah brand itu pasti udah ngerancang produknya semaksimal mungkin, biar orang percaya sama produknya, nah Inem’s Secret cuman niruin desainnya doang (biasanya juga gitu emang), dan pastinya kenyamanan pengguna dan hal lain nggak jadi faktor utama, yang penting laku, sehingga kenyamanan ‘aset’ dari pengguna udah dinomer berapakan dan kadang kalau dipakai bikin sesak napas megap-megap. Belum lagi kalau ada orang tau yang dipakai adalah Inem’s Secret, pasti pikirannya macem-macem, ada yang mikir dalemannya Inem dicuri, ada juga yang mikir kalau daleman itu belinya kredit di inem dicicil selama 6 tahun. Perntanyaannya, gimana bisa ada orang yang tau kalau daleman yang dipakai adalah Inem’s Secret?


Yang jelas setiap brand punya kelebihan dan kekurangan sendiri, terserah pengguna mau pakai asli apa enggak, serta harus dipikirkan manfaat dan kegunaan, bisa jadi saat kita butuh barang branded, kita emang harus beli yang branded, selama itu cukup ditopang kantong kita. Dan ada saatnya kita beli barang yang biasa aja, karena mungkin butuhnya sebentar atau nggak begitu penting. Sebuah Pizza dan nasi basi kalau di makan fungsinya akan sama-sama mengenyangkan, dan kalau keluar udah pasti sama-sama jadi kotoran(meskipun kadang bentuk dan teksturnya berbeda), semua orang pasti tahu masalah tersebut, dan semua orang pasti bakal milih pizza daripada nasi basi, meski fungsi dalam hal mengenyangkan berbeda. Itulah mengapa kualitas itu penting, dan hanya diri sendiri yang tau seberapa butuh dirinya serta seberapa mampu dirinya buat memiliki barang tersebut.

8 comments: