Uang jutaan rupiah mungkin nggak kerasa buat beberapa orang
kalau dipakai beli barang yang disuka, entah karena fungsi, desain, kekuatan
sampai hanya karena gengsi. Tapi beberapa orang yang lain pastinya juga mikir
lain, ada yang mikir buat apa ngeluarin duit banyak buat barang branded kalau
bisa beli barang kw super dengan harga super murah, ada yang mikir mendingan
buat beli makan daripada buat gituan. Persepsi manusia jelas beda-beda buat
nilai barang branded. Tapi sebenernya penting nggak sih barang branded?
Brand merupakan identitas, saat identitas itu dikenal baik
sama orang, ya orang akan mudah percaya. Misalnya nih, Dony temennya Sony
ngeluarin produk TV tembus pandang tipe a, nah kualitas TV itu bagus, buat
selanjutnya saat Dony ngeluarin TV tembus pandang tipe b kemungkinan akan
gampang diterima orang.
Ada lagi orang yang ngomong “buat apa sih beli kacamata RayBan? Beli pinggir jalan aja 15ribu udah dapet!”. Halooo, kacamata harga jutaan
dibandingin yang belasan ribu, jelas lah kualitas udah beda, nggak ada yang
ngelarang buat pake kacamata murah, tapi please jangan disamain, kualitas jelas
udah beda. Kalau ada orang ngomong kayak gitu, ajak aja beli 1 menu fried
chicken pinggir jalan yang ada tulisannya “KENTAKI” dan digoreng pakai minyak
yang udah dipakai selama 3 minggu tanpa diganti, nah abis itu minta bungkus,
terus ajakin masuk McDonald’s yang biasa disebut ‘mekdi’, pesen satu porsi aja
ayam sama dua porsi nasi, terus tuh orang tadi ajak makan bareng tapi suruh aja
dia makan ayam yang dari ‘kentaki’ pinggir jalan tadi, pasti ngerasain bedanya.
Bener sama-sama ayam, bener sama-sama pakai tepung, bener sama-sama dimakan,
tapi taste JELAS BEDA. Ya kayak gitu lah barang branded, nggak ada salahnya
sesekali beli ‘kentaki’ nggak ada salahnya juga beli di ‘mekdi’ yang jelas kita
juga harus ngerti kondisi kita kayak gimana dan apa yang kita butuhkan.
Ada spesies lain yang milih beri barang yang mirip barang
branded asli, miripnya hampir 90%, tapi kadang namanya agak melenceng sedikit,
kayak “PANASONIC” jadi “PANASONO”, “SAMSUNG” jadi “SAMSUL”, “TOSHIBA” jadi “TOSHIBRA”
dan lain sebagainya, dan parahnya bentuknya dimirip-miripin beneran, jadi kayak
anak kembar yang beda nama, beda isi hingga beda orang tua. Nah loh, itu gimana
jadinya? Nggak tau lah apa yang mereka tangkep, tapi yang jelas itu berbeda. Katakanlah
ada orang yang pengen beli pakaian dalam dari Victoria’s Secret, nah gara-gara
harganya cukup tinggi, dia beli deh yang super copynya Victoria’s Secret, yaitu
Inem’s Secret. Kita tau lah, sebuah brand itu pasti udah ngerancang produknya
semaksimal mungkin, biar orang percaya sama produknya, nah Inem’s Secret cuman
niruin desainnya doang (biasanya juga gitu emang), dan pastinya kenyamanan
pengguna dan hal lain nggak jadi faktor utama, yang penting laku, sehingga
kenyamanan ‘aset’ dari pengguna udah dinomer berapakan dan kadang kalau dipakai
bikin sesak napas megap-megap. Belum lagi kalau ada orang tau yang dipakai
adalah Inem’s Secret, pasti pikirannya macem-macem, ada yang mikir dalemannya
Inem dicuri, ada juga yang mikir kalau daleman itu belinya kredit di inem
dicicil selama 6 tahun. Perntanyaannya, gimana bisa ada orang yang tau kalau
daleman yang dipakai adalah Inem’s Secret?
Yang jelas setiap brand punya kelebihan dan kekurangan
sendiri, terserah pengguna mau pakai asli apa enggak, serta harus
dipikirkan manfaat dan kegunaan, bisa jadi saat kita butuh barang branded, kita
emang harus beli yang branded, selama itu cukup ditopang kantong kita. Dan ada
saatnya kita beli barang yang biasa aja, karena mungkin butuhnya sebentar atau
nggak begitu penting. Sebuah Pizza dan nasi basi kalau di makan fungsinya akan sama-sama
mengenyangkan, dan kalau keluar udah pasti sama-sama jadi kotoran(meskipun
kadang bentuk dan teksturnya berbeda), semua orang pasti tahu masalah tersebut,
dan semua orang pasti bakal milih pizza daripada nasi basi, meski fungsi dalam
hal mengenyangkan berbeda. Itulah mengapa kualitas itu penting, dan hanya diri
sendiri yang tau seberapa butuh dirinya serta seberapa mampu dirinya buat memiliki
barang tersebut.
http://sepatumahasiswa.blogspot.com/
ReplyDeleteTidak semua brand itu sempurna
ReplyDeletePesulap suka yang branded
ReplyDeletesaya lebih mementingkan kualitas sih
ReplyDeletebranded??
ReplyDeletekalo saya sih suka barang diskon an :D
ReplyDeletekeren nih
ReplyDeletekereen
ReplyDelete