Liburan vs Kuliah



Buat seorang mahasiswa, libur itu emang penting.. Tapi ada juga mahasiswa yang liburnya kelamaan, sampai tuh mahasiswa ngerasa eneg sama yang namanya 'libur'. Liburan yang kelamaan juga pastinya nggak baik dong buat mahasiswa. Gimana enggak? orang efeknya gawat banget, ada yang nggak biasa buat bangun pagi, ada yang males mandi, ada yang lupa jalan ke kampus sampai ada yang tulisannya jadi jelek banget.

Banyak mahasiswa yang bosen sama libur, tapi nggak dikit juga mahasiswa yang ngerasa kurang libur. Macem-macem orang, macem-macem juga cara menanggapi liburnya. Yang kampusnya di luar kota, biasanya males-malesan balik gara-gara masih kangen rumah, soalnya kalau dirumah bisa makan apa aja, tapi kalau di kos, makan aja masih nunggu perut kerasa perih.

Nah, bagi mahasiswa yang kampusnya ada di pusat kota, dan rumahnya ada di kabupatennya, itu ada deritanya sendiri, berangkat menempuh jarak sejauh 30km udah kerasa jauuuh banget, apalagi sampai kampus udah bau asap kendaraan yang bikin temen sebelahnya pingsan... Kalau udah masuk kuliah aktif, yang jadi masalah bukan jarak lagi, soalnya jarak udah kerasa biasa, tapi masalah barunya adalah 'pengen libur lagi' dan masalah perhitungan, kalo diitung, pas berangkat kuliah jaraknya 30km, dan pulang 30km. kalau naik bus berangkat bayar 5000 pulangnya 5000, itu perbandingan normal. Nah, kalau ngitungnya hari, dari Minggu ke Senin cuma 1 hari lagi tapi dari hari Senin ke Minggu itu 6 hari lagi, perbandingan yang dibenci mahasiswa saat hari aktif. 

Ada juga moment liburan yang biasa dibenci mahasiswa, yaitu momen KRS saat pertengahan liburan, nggak enak banget kalo enak-enak liburan tiba-tiba harus minta tanda tangan dosen pembimbing yang kadang susah dihubungin, biasanya alasannya 'keluar kota', 'nguji skripsi', atau alasan keluar sebentar sama ninggalin note di kantornya yang bilang baliknya 2 jam lagi dan setelah ditunggu sampai beberapa waktu, baliknya 4 jam setelahnya dengan senyuman manis banget sambil bawa roti dari toko roti terkenal di kota. Masalah lain juga kadang mampir saat mahasiswa lagi bergairah buat KRS online, ada yang bentuknya 'web KRS sulit diakses', ada yang 'jadwal berantakan' serta masalah lain disertai permohonan maaf yang lugu dari web universitas yang ngerasa nggak berdosa karena emang malaikat nggak mungkin catetin dosa dari sebuah website, apapun salahnya, bahkan apabila si website itu jadi penyebab seorang mahasiswa harus kehilangan uang gara-gara udah terlanjur beli tiket buat pulang tapi kenyataannya harus ada lagi masalah yang muncul dan wajib diurus, karena kalau enggak, maka akan berdampak buruk tuh sama kuliahnya ntar, jadinya tuh mahasiswa nggak jadi punya dan kehilangan uang tiket. dan itu muncul murni karena kesalahan program KRS online.

Adapun tradisi 'Kontrak Kuliah' saat pertemuan pertama perkuliahan adalah tradisi suci di hati mahasiswa, yang saat tradisi itu dilanggar, hati mahasiswa udah nggak suci lagi, berbagai umpatan pasti ada tuh kalau ada dosen langsung ngasi materi saat pertemuan pertama. Bukannya apa, sebagai mahasiwa emang harus tuh menjunjung tradisi turun temurun dan bener-bener harus dilestarikan. 

Gitu itu kurang lebih pandangan dan pikiran mahasiswa tentang kuliah sama liburan, apapun pandangan itu, selama itu bermanfaat dan nggak ada kerugian didalamnya ya nggak masalah. Yang penting hati-hati dengan pikiran karena akan menjadi ucapan, dan harus menjaga ucapan karena setelahnya akan ada tindakan, kontrol tindakan karena akan jadi kebiasaan, dan kebiasaan itu yang mendasari karakter, dan karakter adalah hal yang mempengaruhi takdir. 

4 comments: