Apa Kelebihan Sistem transmisi Motor?

Ngaku anak motor?

Atau pengendara motor biasa?

Motor nggak hanya jadi kebutuhan, namun juga sudah jadi lifestyle. Semakin keren motor yang dinaiki, semakin terangkat derajat yang menaiki, terlepas dari motornya milik sendiri, kredit, minjem ataupun hasil begal.


Umumnya ada 3 jenis motor yang paling sering ditemui:

1.       Motor Manual
Motor jenis ini adalah motor paling dianggap gagah, entah modelnya motor sport, trail, sampai motor bebek. Ciri dari motor ini adalah ‘ada koplingnya’, maksudnya kopling motor ini harus dikontrol sama ‘pilot’ motor. Jadi tangan dari si pilot harus dipakai keduanya, kakinya pun juga harus dipakai keduanya, nggak tau kalau tiba-tiba ditengah jalan ada yang gatel tangan mana yang harus dipakai menggaruk.

Biasanya motor gini ini paling banyak dimodifikasi, dan gaya yang paling umum adalah bikin bagian belakang lebih tinggi dari bagian depan atau bahasa gaulnya ‘njentit’ (nungging -red) ya mirip-mirip lah kayak kucing jablay yang pengen dikawin. Tujuannya apa? Nggak tau pasti tujuannya apa, tapi yang jelas kalau lagi bonceng cewek, otomatis si cewek miring ke depan dan biasanya terlihat ‘nempel’ apalagi kalau si cewek padat, bulat dan berisi. Yah, biasa lah, mungkin mereka nganggepnya ‘airbag’

2.       Motor Automatic
Motor ini banyak disukai cewek, tapi akhir-akhir ini cowok juga banyak yang suka. Mungkin faktor simple yang bikin mereka ngiler. Motor ini nggak butuh kopling apalagi perseneling, semuanya dikontrol oleh motor, jadi pilotnya tinggal pasrah, nurut motor. Nah sifat itu kadang terbawa dalah hidupnya si pilot, makanya kebanyakan pilot motor automatic orangnya pasrah, diapa-apain iya-iya aja, yang penting AUTO.

Motor ini bikin kaki nganggur, soalnya yang kerja 2 tangan, satunya buat nge-gas sama nge-rem depan, satunya buat rem belakang, jadi kakinya bisa bebas ngapain aja, mau diangkat, mau lepas sendal, mau ngangkang sambil nyetir, semuanya bisa dilakukan.

3.       Motor Semi Auto
Motor ini yang paling umum dijumpai, nah, motor ini adalah gabungan dari motor manual sama automatic, jadi masih perlu ngoper perseneling tapi nggak perlu ngatur kopling. Hebatnya motor ini efisien, karena apa? Motor ini bikin tangan kiri si pilot nganggur, bayangkan dengan menganggurnya tangan kiri, hal besar apa yang bisa dilakuin si pilot? Tentunya sangat bermanfaat, untuk mahasiswa tingkat akhir, tangan kiri ini bisa dipakai buat ngetik skripsi, hemat waktu kan? Nyetir sambil ngetik. Untuk yang sering lupa, apabila tadinya BAB belum cebok, maka tangan kiri ini bisa dipakai buat cebok, sangat bermanfaat. Buat para jambret, tangan kiri bisa dipakai buat ngerebut tas ibu-ibu pasar yang sok bahenol. Buat pejabat, tangan kiri bisa buat dada-dada ke rakyat. Dan masih banyak lagi manfaat yang didapat dari itu motor.

Selain menghemat waktu karena dapat nyetir sambil melakukan hal lain, tentunya motor jenis ini dapat dipakai landasan untuk mengatakan seseorang itu suka kebersihan. Tangan kiri yang nganggur, bisa dimanfaatin buat ngupil (kegiatan membersihkan hidung dari kotoran yang menempel di tepinya dengan menggunakan jari yang telah dilatih secara profesional oleh pemiliknya –red) yang tidak ngehabisin waktu produktif lainnya karena dilakuin sambil nyetir, bisa dibayangin ngupil sambil ngetik skripsi, pasti kadang upilnya kebawa jadi nempel di keyboard, bahaya.

Keuntungan lain motor ini adalah kalau si pilot gatel, tangan kiri bisa dipakai buat menggaruk, jadi bisa bebas garuk sana garuk sini garuk dimana aja. Nah, buat yang suka sedekah, tangan kiri ini bisa dipakai buat garukin pilot motor manual yang gatel-gatel, karena mereka nggak bisa, kasihan kan?


Itulah 3 jenis motor pada umumnya, nggak tau yang paling keren yang mana, tapi dari manfaat yang paling besar itu ya  yang bisa garukin orang lain saat dibutuhkan, lebih-lebih kalau bantu ngupilin orang lain juga, dan kalau itu anda lakukan, ANDA adalah PAHLAWAN

6 comments: